Feeds:
Posts
Comments

Archive for July 6th, 2017

Sesi curhat

Jadi gini… Ada anak Indonesia yang sejak lulus SMA melanjutkan studi di Jerman dan sekarang melanjutkan studi masternya. Dia terkenal jago matematika dan baik banget sama anak-anak Indonesia yang kesulitan sama matematika. Ada salah satu anak Indonesia di jurusan lain, yang bisa lolos ujian berkat gemblengannya.

Selain pinter dia terkenal rajin sih, selalu duduk di barisan terdepan, selain ituuu… Dia jadi hiwi (hilfe wissensaft) (asdos kalau di Indonesia tapi ga terbatas buat yang berhubungan perkuliahan tapi juga penelitian) buat ngisi kelas latihan anak-anak sarjana yang tentunya memakai bahasa Jerman. 

Beruntung! Saya satu jurusan dengannya meski beda tahun masuk sehingga pernah beberapa kali sekelas. Tentunya saya beruntung bisa belajar bareng dia dan temen segenk kelompok belajarnya yang orang Jerman. Hasil belajar bareng dia dan temennya itu dari ga ngerti apa-apa, belajar selama dua minggu tiap hari sebelum ujian, saya bisa menjawab soal ujian dengan hasil yang ga cuman sekedar lolos ujian 🙂 Terus abis ujian diumumkan, si saya dipaksa, bareng-bareng ngadep asisten liat hasil ujiannya dan protes sama penilaian mereka biar nilainya bisa terkoresi. Sebelumnya ngadep, kita sempet ketemua buat bahas jawaban kita pas ujian (dimana saya udah lupa jawab apaa aja) dan nyari bukti-bukti yang mendukung jawaban kita- _- padahal sumpaaah saya udah seneeeng dan bersyukur bangeeet sama hasil yang didapat. Kalau ga belajar bareng dia, mungkin saya harus ngulang pelajarannya 😦

Beberapa waktu lalu, si saya curhat karena ga lulus (LAGI) salah satu mata kuliah. Terus responnya “Kok bisa, aku dapet perfect!” Terus giliran si saya ” KOK BISA DAPET PERFECT!!!” Hiks…berasa butiran atoom bangeeet T__T. Dia komentar gitu ga bermaksud sombong tapi saking ga percayanya kok kuliah segampang itu (menurut dia) bisa ga lulus. Terus dia bilang, dia bisa dapet perfect karena suka matematika dan dia ngambil terus mata kuliah lanjutannya 😅. Buat saya, pelajaran kombinasi fisika-kimia yang diselesaikan dengan cara matematika ituuu… Apalahapalaaah. Untungnyaaa, dia baik hati berjanji mau ngajarin meski lagi sibuk-sibuknya dan stress nyelesain thesisnya yang ga selesai-selesai.

Terus hari ini, si saya curhat lagi, karena tampaknya saya akan memperpanjang waktu studi di sini….

Sebagai tokoh panutan, dia sukses mau selesai masternya di tahun ke tiga. 

Terus apa kabar si sayah iniiiii???!

Ahyah.. Saya sempat lupa kalau hidup penuh perjuangan! Saya lupa kapan yaaa saya terkhir kali berjuang dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati… 

Terimaksih David sudah mengingatkan dan selalu membantu saya untuk melewati masa-masa suram. 

Read Full Post »